STRIS-A
(Sekolah Teologi Reformed Injili SURABAYA-ANDHIKA)

 

SISTIM TERM

STRIS-A menggunakan sistim Term, dan bukannya sistim Semester. Tentu ada pertimbangan yang mendasari pemilihan sistim perkuliahan ini.

Sistim Term adalah sistim perkuliahan yang hanya 10 kali pertemuan, dengan lama 2 jam setiap pertemuan. Dengan demikian, untuk satu mata kuliah, dicapai keseluruhannya 25 jam kuliah. Ini setara dengan 2 SKS jika dibandingkan dengan sistim perkuliahan semester.

 
KEUNTUNGAN SISTIM TERM
  1. Sistim Term akan mempercepat perkuliahan, karena dengan sistim ini setiap tahun bisa dilaksanakan 4 Term @ 3 bulan. Dengan demikian mahasiswa bisa mengambil mata kuliah lebih banyak.
  2. Dengan sistim ini (hanya 10 kali pertemuan), setiap peserta akan menghemat biaya transport, menghemat waktu dijalan, dengan perbedaan waktu yang tidak terlalu panjang jika dibanding dengan sistim semester.
  3. Dengan sistim Term, maka untuk mereka yang sibuk, tidak terlalu sering gagal kuliah, karena tiba-tiba menjelang akhir semester harus pergi selama lebih dari waktu yang diperkenankan untuk absen (3-4 kali). Jika menjelang akhir semester mahasiswa harus absen, seluruh perkuliahan semester itu gagal. Dengan sistim Term (karena singkat), lebih mudah mengatur waktu, sehingga kalau memang akan pergi dalam waktu panjang, bisa cuti kuliah untuk Term tersebut.
  4. Sistim Term akan menghindarkan kita dari dampak psikologis rasa bosan karena kuliah berbulan-bulan. Dengan cepat dan padatnya kuliah, kita akan merasa waktu lebih cepat, dan terasa lebih cepat selesai. Ini memberikan dampak psikologis yang positif bagi semangat kuliah mahasiswa.
 
KLASIFIKASI MAHASISWA

Klasifikasi

Jumlah SKS

Lama Pendidikan

Pendengar

-

-

Sertifikat

20

3 term / 9 bulan

Diploma 1

40

4 term / 1 tahun

Diploma 2

80

8 term / 2 tahun

Diploma 3

115

12 term / 3 tahun

Pendengar: Program ini disediakan bagi mereka yang sangat sibuk atau ibu-ibu rumah tangga atau orang tua, sehingga tidak dimungkinkan menghafal untuk ujian, membuat tugas-tugas kuliah dan berbagai tuntutan kuliah lainnya. Program ini terbuka untuk setiap orang Kristen. Bagi mereka yang mengikuti program ini, hanya perlu mendaftarkan nama, membayar iuran peserta dan mendapatkan tanda masuk kuliah. Lama perkuliahan tidak terbatas.

Sertifikat: Program ini disediakan untuk mereka yang mungkin sangat singkat waktunya di Surabaya (sekitar satu tahun). Sertifikat diberikan setelah menyelesaikan 10 mata kuliah (20 SKS). Lama pendidikan bisa ditempuh sekitar 3 Term atau 9 bulan. Peserta program ini dituntut mengikuti ujian, membuat term-paper, tugas baca dan wajib hadir di perpustakaan minimal 5 jam untuk setiap mata kuliah. Yang diperkenankan mengikuti program ini adalah mereka yang telah diterima sebagai mahasiswa STRIS-A secara resmi, dengan mengisi formulir pendaftaran, melampirkan kesaksian pertobatan/lahir baru, dan mengikuti seluruh prosedur akademis yang ditentukan (mengisi Kartu Rencana Studi dll.).

Diploma 1: Program Diploma ini disediakan untuk mereka yang ingin mempelajari Teologi dengan lebih baik untuk bekal melayani di profesi masing-masing. Program Diploma sama sekali tidak dirancang untuk program pendidikan menjadi seorang pendeta atau penginjil. Diploma 1 diberikan setelah menyelesaikan 40 SKS. Lama pendidikan bisa ditempuh sekitar 4-5 Term atau satu sampai satu setengah tahun. Peserta program ini dituntut mengikuti ujian, membuat term-paper, tugas baca dan wajib hadir di perpustakaan, minimal 5 jam untuk setiap mata kuliah. Yang diperkenankan mengikuti program ini adalah mereka yang telah diterima sebagai mahasiswa STRIS-A secara resmi, dengan mengisi formulir pendaftaran, melampirkan kesaksian pertobatan/lahir baru, dan mengikuti seluruh prosedur akademis yang ditentukan (mengisi Kartu Rencana Studi dll.).

Diploma 2: Program ini sama seperti program Diploma 1, tetapi dengan tuntutan 80 SKS.

 
PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
  • Tahun ajaran : di mulai pada bulan Januari di bagi 4 term dengan masing-masing term sekitar 3 bulan atau 10x pertemuan selama 2,5 jam. Dengan cara pembagian seperti ini, maka waktu untuk menyelesaikan pendidikan menjadi lebih cepat dan lebih hemat. Setiap term dibuka pendaftaran bagi mahasiswa baru.
  • Seminar Khusus (Intensif Course) : Di awal tiap-tiap term, ada seminar-seminar khusus yang juga diperhitungkan dalam satuan kredit berdasarkan lamanya seminar.
  • Retreat: Setahun sekali (Sekitar bulan Juli) ada retreat khusus yang membahas satu tema tertentu secara lebih khusus dengan melibatkan semua mahasiswa agar terjalin suasana keakraban yang lebih kuat lagi. Didalamnya ada diskusi, latihan juga lokakarya berdasarkan kebutuhan tiap-tiap tema yang akan dibahas. Sama seperti seminar khusus, retreat ini juga diperhitungkan dalam satuan kredit berdasarkan lamanya session dalam retreat.
  • Minimun kehadiran: 80% kecuali bagi peserta program "Pendengar".
  • Tugas dan Ujian: Wajib mengerjakan semua tugas dan ujian kecuali peserta program "Pendengar"
  • Transfer nilai: setiap mata kuliah yang sudah dikumpulkan langsung dapat diperhitungkan pada program-program lainnya kecuali program "Pendengar". Berarti setelah menyelesaikan program Sertifikat, bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan ke program D1 atau D2 langsung tinggal melanjutkannya. Sehingga bagi mereka yang mengikuti program D2 berarti sekaligus mendapat sertifikat dan ijazah diploma satu (D1).
  • Raport: Setiap akhir term, akan diberikan Raport sebagai catatan prestasi tiap mahasiswa.
  • Minumun peserta: minimal tiap kelasnya 15 orang. Jika jumlah belum mencukupi, maka mata kuliah tersebut untuk sementara di tiadakan.
  • Waktu pertemuan: Mahasiswa harus datang tepat waktu dengan pakaian yang sopan agar tidak menganggu proses belajar.

Kembali ke Halaman Utama STRIS