STRIS-A
(Sekolah Teologi Reformed Injili SURABAYA-ANDHIKA)

MATA KULIAH YANG PERNAH DIBERIKAN

 

TERM 0007/I/2001
(22 Januari - 5 April 2001)
Program/Hari/Jam Matakuliah/Dosen
Teologi
Senin
18.30-21.00
Doktrin Allah
(Ev. Drs. Thomy J. Matakupan, STh.)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang membahas pengajaran iman Kristen akan Allah. Hal-hal yang berkaitan dengan diri Allah seperti sifat/atribut Allah, Ketetapan-ketetapan Allah, sebagaimana yang dicatat di dalam Alkitab dipelajari bersama. Didalamnya juga dibicarakan pergumulan pengenalan akan Allah dan berbagai konsep yang timbul, baik di dalam sejarah gereja maupun pemikiran kontemporer yang berkembang saat ini.
  • Teologi
  • Selasa
    18.30-21.00
    Etika Kristen
    (Ev.Solomon Yo STh., MDiv.)
    Mempelajari prinsip-prinsip Alkitab yang melandasi pembentukan etika Kristen (Reformed) dan perbedaannya dengan etika nom-Kristen; mempelajari beberapa pokok pikiran penting dalam etika Kristen serta prinsip-prinsip utama dalam pengambilan keputusan etis.
  • Teologi
  • Selasa
    18.30-21.00
    Injil Sinoptik
    (Ev. Nyoo Mee Fang, STh.)
    Membahas keunikan dari Injil Sinoptik (Matius, Markus, Lukas) yang berfokus kepada kehidupan, pelayanan dan misi dari Kristus. Perhatian juga akan diberikan kepada latar belakarng, isue0isue kritis dan motif teologi di dalam setiap Injil Sinoptik ini.
  • Teologi
  • Rabu
    18.30-21.00
    Kitab Kejadian
    (Ev. Jeane Ch. Obadja Th.M.)
    Mata kuliah ini secara khusus menyoroti tafsiran Kitab Kejadian, berkenaan dengan awal penciptaan dunia, masalah kejatuhan dan terbentuknya realita dunia berdosa yang kita alami kini. Mata kuliah ini juga akan menyoroti masalah-masalah yang muncul di dalam Kitab Kejadian.
  • Teologi
  • Rabu
    18.30-21.00
    Doktrin Gereja
    (Ev. Thomy J. Matakupan, STh.)
    Kuliah ini akan membahas natur gereja sesuai dengan kesaksian Alkitab. bagaimana gereja mulai berdiri dan sejarah perkembangannya. Selain itu juga dipelajari aspek-aspek penting yang menjadi tanggung jawab pelayanan gereja di tengah-tengah dunia.
  • Teologi
  • Kamis
    18.30-21.00
    Bahasa Yunani
    (Rev. Sutjipto Subeno, STh., MDiv.)
    Mempelajari tata bahasa Yunani Koine dengan orientasi praktis sehingga dapat digunakan kaum awam sekalipun. Selain itu juga akan dipelajari bagaimana menggunakan beberapa sarana pendukung untuk menafsirkan Alkitab, seperti Analytical, Interlinear, Kamus, dan sebagianya.
  • Pendidikan Kristen
  • Kamis
    18.30-21.00
    Strategi Pengajaran di dalam Pendidikan Kristen
    (Ev. Ferry yang, MA. Ed. Min.)
    Kuliah ini akan membahas pengaturan suatu rencana di dalam mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang strategis dan mempelajari langkah-langkah praktis penataan rencana pengajaran pada suatu periode dalam rencana satu perogram pendidikan serta pengaturan rencana pengajaran pada tiap pertemuan. Selain itu juga akan dibahas pentingnya kaitan antara metode belajar masing-masing guru dengan petode mengajar yang akan dikerjakan.
  • Pendidikan Kristen
  • Kamis
    18.30-21.00
    Pengantar Pendidikan
    (Dra. Stien J. Matakupan, M.Pd.)
    Kuliah ini membahas pengertian pendidikan, fungsi dan peran lembaga pendidikan, konsep pendidikan seumur hidup serta pengaruh timbal balik antara sekolah, keluarga dan masyarakat. Selain itu juga akan dibahas sistem pendidikan, inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan serta konsep & wawasan pendidikan dalam perspektif abad 21.
  • Pendidikan Kristen
  • Kamis
    18.30-21.00
    Learn How to Learn
    (Ev. Dra. Trivina Ambarsari)
    Mendalami pemahaman tentang belajar, meneliti kaitannya dengan proses perkembangan jasmani dan pendidikan; serta menelusuri perkembangannya sepanjang jaman untuk mengembangkan pedoman belajar yang aplikatif dan sesuai dengan iman Kristen.

     

    INTENSIF 0007/I/2001
    (27-29 Februari 2001)
    Hari/Jam Matakuliah/Dosen
    27-29 Feb 2001
    18.00 - 21.00
    Tinjauan Kritis Iman Kristen terhadap Isu-isu Feminisme
    (Ev. Mercy Grace Matakupan, STh.)

     

     

    TERM 0008/II/2001
    (21 Mei - 2 Agustus 2001)
    Program/Hari/Jam Matakuliah/Dosen
  • Teologi
  • Senin
    18.30-21.00
    Surat Pastoral
    (Ev. Thomy J Matakupan, STh.)
    mempelajari secara eksegetikal setiap bagian surat penggembalaan Rasul paulus terhadap Timotius dan Titus untuk menemukan prinsip-prinsip kehidupan iman Kristen, pelayanan dan penggembalaan di dalam jemaat.
    Teologi
    Selasa
    18.30-21.00
    Doktrin Alkitab
    (Ev. Nyoo Mee Fang, STh., MDiv.)
    Merupakan mata kuliah wajib. Kepentingan dari teologi sistematika dipelajari dalam kaitannya dengan keunikan Alkitab dalam kehidupan Kristen. Melalui kuliah ini mahasiswa akan dituntun masuk ke dalam pemahaman akan wibawa, inspirasi, transmisi dan kanonisasi Alkitab sebagai dasar pengembangan konsep tentang otoritas dan inerrancy Alkitab.
    Teologi
    Rabu
    18.30-21.00
    Kitab Yesaya
    (Ev. Jeane Ch. Obadja Th.M.)
    Kitab Yesaya adalah kitab yang sangat penting di Perjanjian Lama, bahkan ada yang menyebutnya sebagai "miniatur Alkitab". Banyak hal yang kitab ini ajarkan berkaitan dengan sifat Allah, tindakan Allah di dalam sejarah dan bagaimana seharusnya respon manusia terhadap Allah.
    Teologi
    Rabu
    18.30-21.00
  • Doktrin Roh Kudus
  • (Ev.Mercy Grace Matakupan, S.Th.)
    Pribadi, karya dan peranan Roh Kudus di dalam kehidupan gereja dan umatNya sejak penciptaan sampai kini akan dipelajari melalui terang pemahaman atas keunikan kesaksian Alkitab tentang Oknum ketiga Allah Trutunggal ini. Pergumulan gereja untuk memahami pribadi dan karya Roh Kudus pada jaman ini akan ditempatkan dalam konteks pendekatan objektif, khususnya terhadap gerakan Kharismatik.
    Pendidikan Kristen
    Senin
    18.30-21.00
  • Metodologi Pengajaran
  • (Dra. Stien J. Matakupan, M.Pd.)
    Matakuliah ini akan membahas prinsip metodologi pengajaran serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktekkan dan menganalisa berbagai metode mengajar.
    Pendidikan Kristen
    Selasa
    18.30-21.00
  • Filsafat Pendidikan
  • (Ev. Ferry yang, MA. Ed. Min.)
    Mengapa pendidikan penting bagi manusia? Mengapa harus ada pendidikan? Apakah tujuan pendidikan? Dapatkah manusia bertahan hidup tanpa pendidikan? Mengapa? hal-hal apa sajakah yang utama di dalam pendidikan? bagaimana iman Kristen memandang pendidikan? Apakah yang seharusnya dilakukan manusia dengan pendidikan? Semua pertanyaan di atas akan dijawab di dalam perkuliahan ini.
    Pendidikan Kristen
    Rabu
    18.30-21.00
  • Learn How to Learn
  • (Ev. ferry Yang, MA. Ed. Min.)
    "Belajar bagaimana belajar" memberi kesan yang membingungkan, namun sebenarnya sederhana saja. Objek yang disorot di sini adalah belajar itu sendiri. Mata kuliah ini akan menganalisa apa dan bagaimanakah belajar pada dirinya sendiri melalui contoh yang diberikan oleh tokoh-tokoh Alkitab seperti Abraham, Musa, Pauklus, dan lain-lain. Selain itu dipelajari pula diri kita sendiri, apakah saya seorang yang audio ataukah visual? Bagaimanakah kita dapat belajar dengan baik di segala hal, terutama bagaimana menjadi seorang Kris

     

    INTENSIF 0008/II/2001
    Hari/Jam Matakuliah/Dosen
    Selasa-Kamis
    15-17 Mei 2001
    18.00 - 21.00
     
    Tinjauan terhadap Pengaruh Gerakan Zaman Baru di Dunia Pendidikan
    (Rev. Sutjipto Subeno, STh., MDiv)
     
    Filsafat gerakan jaman baru (New Age Movement) saat ini mulai marak dan mencoba menggantikan posisi Postmodern. Filsafat ini sedang masuk secara sistematis dan pasti ke semua bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Ketika kita tidak awas, kita tidak melihat adanya bahaya dari berbagai format baru di dunia pendidikan, seperti banyaknya aktifitas yang mengaku sebagai pendidikan jasmani atau latihan konsentrasi, yang sebenarnya ekstensi dari filsafat New Age dan membawa siswa pada format mistik. Kita sadar bahwa dalam banyak praktek belajar modern penekanan tidak lagi pada format analitis, tetapi format intuitif, yang menyebabkan siswa mulai menurunkan aktifitas rasionya dan mengembangkan "indera keenam" di dalam studi.
     
    Apa bahaya dan dampaknya dari cara-cara yang ditanamkan di dalam pendidikan anak, yang terkadang sudah dilakukan sejak saat sangat dini (masih di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar) ini? Apa yang menyebabkan hal-hal seperti ini mudah sekali mencemari dunia pendidikan? Bagaimana iman Kristen mengantisipasinya? Apa yang perlu dikembangkan di dalam dunia pendidikan yang seswuai dengan iman Kristen? Diharapkan studi singkat ini membawa kita kepada pemahaman yang tepat tentang bahaya filsafat di dunia pendidikan modern kita. 

     

    TERM 0009/III/2001
    (10 September - 29 November 2001)
    Program/Hari/Jam Matakuliah/Dosen
    Teologi
    Kamis,
    18.30-21.00
    Doktrin Allah
    (Ev.Mercy Grace Preally, STh.)
     
    Merupakan mata kuliah wajib yang membahas bagaimana iman Kristen mengenal Allah.
    Outline:
    1. Konsep & bukti keberadaan Allah
    2. Apologetika keberadaan Allah
    3. Pengenalan akan Allah
    4. Sifat-sifat & atribut Allah
    5. Rencana & ketetapan Allah
    6. Pemeliharaan Allah
    7. Allah Tritunggal
    8. Allah di dalam kehidupan Kristen.
    Teologi
    Senin,
    18.30-21.00
    Eskatologi (Doktrin Akhir Jaman)
    (Ev.Drs. Thomy J. Matakupan STh.)
     
    Bagaimana sebenarnya Kekristenan memahami akhir jaman? Yaitu tentang kedatangan Kristus yang kedua kalinya, kebangkitan orang mati, penghakiman terakhir, tanda-tanda akhir jaman, kerajaan seribu tahun, dsb.
    Outline:
    1.  Berbagai pandangan tentang akhir jaman
    2. Hubungan antara Israel & Gereja Tuhan
    3. Memahami kitab-kitab Apokaliptik: Daniel dan Wahyu serta berita di dalamnya
    4. Status Antara, anti Kristus, kedatangan Kristus kedua, kebangkitan orang mati, dsb
    Teologi
    Selasa,
    18.30-21.00
    Kekristenan dan Seni
    (Ev. Solomon Yo, S.Th., M.Div)
     
    Bagaimanakan konsep iman Kristen tentang seni, asal usul, peranan seni di dalam hidup dan ibadah Kristen. Bagaimanakah panggilan dan tanggung jawab orang Kristen di dalamnya?
    Outline:
    1. Man Acts Artistically
    2. Filsafat Estetika
    3. Landasan Teologis mengenai Seni
    4. Bentuk-bentuk Seni - Suatu Tinjauan
    5. Kekristenan dan Seni Rupa (Guest Lecturer)
    6. Seni dalam Ibadah Kirsten
    7. Prinsip Kristen dalam Aktivitas Seni
    Teologi
    Minggu,
    11.00

    Reformed Discipleship

    (Ev. Jeane Ch. Obadja, B.A., Th.M)

    Kelas ini merupakan kelas lokakarya pemuridan untuk pelatihan Kelompok Kecil dalam format MMM (Murid Memuridkan Murid) Reformed Injili. Diharapkan melalui kelas ini semakin banyak Muris bakal setia melakukan "Reformed Discipleship" di kalangan kaum awam dan membina karakter Kristen dengan kasih.

    Outline:

    1. Disciplers Vision & Mission

    2. Integrity of Disciplers

    3. Strategy of Discipleship

    4. Cost of Discipleship

    5. Integration of Evangelism & Discipleship

    6. Progress of Discipleship

    7. Learning Process to make Disciplers

    8. Effective & Efficient Methods for Discipleship

    9. Service to be Disciplers & Ministries to make Disciples

    Teologi
    Selasa,
    18.30-21.00

     

    Paul & His Messages

    Rev. Sutjipto Subeno, STh., MDiv.

    Ev. Nyoo Mee Fang, STh, MDiv

    Paulus adalah seorang yang dipakai Tuhan untuk membangun doktrin-doktrin Kristen di Perjanjian Baru. Mempelajari surat-surat Paulus berarti mempelajari sebagian besar teks Perjanjian Baru. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa bisa semakin mengerti berita dan dasar-dasar pengajaran iman Kristen Perjanjian Baru, khususnya melalui tulisan {aulus.

    Outline:

    1. PAUL: His Personality

    2. PAUL: His Encouraging Letters (Eksposisi Filipi & Filemon)

    3. PAUL: His Teaching Letters (Eksposisi Roma & Galatia)

    4. PAUL: His Critiques (Eksposisi 1 & 2 Korintus)

    5. PAUL: His Caring Letters (Eksposisi Efesus & 2 Timotius)

    Pendidikan Kristen

    Senin,

    18.30-21.00

    Basic Christian Life

    (Ev. Dra. Trivina Ambarsari)

    Pembahasan berbagai prinsip dasar iman Kristen dan bagaimana kaitannya dengan kehidupan nyata sehingga setiap orang dapat membentuk frame of reference Alkitabiah dalam memandang hidup ini.

    Outline:

    1. Knowing is for Living

    2. Living before God

    3. The Cross of Calvary

    4. Religious Affection

    5. Moments of Expressing Thoughts

    6. Church & the Postmodern Era

    7. What Next? Heaven & Eternity

    8. The Christian & Conflicts

    9. Live as Fruitful Christians

    10. Application Time

    Pendidikan Kristen

    Kamis,

    18.30-21.00

     

    Teologi Pendidikan

    (Ev. Ferry Yang, MA. Ed. Min.)

    Fondasi teologis bagi pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting bagi pendidikan Kristen. Fondasi inilah yang akan mengarahkan, menentukan langkah, melandasi setiap keputusan di dalam pendidikan (Kristen atau tidak). Kelas ini akan berfokus kepada dasar-dasar teologis yang memegang erat bangunan pendidikan yang seharusnya. Cornellius Van Til berkata bahwa Tuhan sebagai dasar utamanya. Bagaimanakah hal itu dimengerti? Kelas ini akan menjawabnya.

    Outline:

    1. Introduction: The Education of the Kingdom of God - by Thomas Groome

    2. 2 Timotius 3: 15-16, Alkitab sebagai dasar

    3. Movie Day - Jesus (New Style)

    4. Efesus 4: 11-15, Pendidikan untuk mencapai kepenuhan Kristus

    5. All Truth is God's Truth - Arthur F. Holmes

    6. Education is Family Business

    Pendidikan Kristen

    Selasa,

    18.30-21.00

     

    Metode Mengajar

    (Ev. Ferry Yang, MA. Ed. Min.)

    Kelas ini mempelajari berbagai metode mengajar yang bervariatif dan kreatif beserta dengan karakter atau keunikannya.

    Outline:

    1. Mempelajari berbagai bentuk metode mengajar

    2. Bagaimana mengimplementasikan teori-teori yang didapat

    3. Bagiamana menguasai berbagai macam metode dasar tersebut sesuai dengan karakternya

    4. Mempelajari bagaimana membuat rencana mengajar (Lesson plan).

    5. Mempelajari prinsip-prinsip mengajar di dalam iman Kristen

     

    INTENSIF 0009/III/2001
    ( 4-6 September 2001 )
    Hari/Jam Matakuliah/Dosen
    Selasa-Kamis
    4-6 Sep, 2001
    18.30 - 21.00
    Psikologi Remaja dan Era Globalisasi
    (Ev. Dra. Iis Achsa, S.Th., MK)
    Kelas ini merupakan kelas lokakarya untuk pelatihan pemimpin kelompok kecil di dalam format Refomed Injili. Diharapkan melalui kelas ini peminpin-pemimpin kelompok kecil yang tangguh bisa dipersiapkan untuk melakukan pelayanan awam dan membina iman Kristen melalui berbagai hidup dengan sesama saudara seimannya.
    Outline:
    1. Konsep dasar perkembangan dan kebutuhan remaja
    2. Problem remaja pada umumnya di era globalisasi
    3. Garis besar proses pembimbingan bagi remaja
     
    Ev. Iis Achsa, dilahirkan di Malang tahun 1959, setelah menyelesaikan Sarjana Pendidikan Fisika di IKIP Malang beliau meneruskan studi di Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang dan memperoleh gelar S.Th dan menyelesaikan Magister Konseling dari Sekolah Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta. Saat ini beliau melayani di Perkantas Jawa Timur sebagai Ketua BPW Perkantas Jatim.
    Selasa-Kamis
    13-15 Nov 2001
    18.30 - 21.00

     

    Management of Ministry Development
    (Pdt. Dr. Paulus Kurnia, Th.M STh.)
    Melakukan pelayanan Kristen atau gerejawi memerlukan struktur-struktur yang dapat menunjang pelayanan terorganisir dan mencapai tujuannya dengan sebaik-baiknya. Memang, tidak ada pelayanan tanpa struktur organisasi dengan segala sistem dan prosedurnya - dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit. Namu, setelah organisasi pelayanan berjalan sekian lama, para pelayan/ pekerja Kristus kadang merasakan bahwa pelayanan mereka mulai kurang efektif dan barjalan di tempat, sementara itu perubahan-perubahan jaman dan kebutuhan orang-orang percaya terus meningkat dan dinamis.
    Pengembangan suatu pelayan dan organisasi perlu digarap sebagai respon terhadap perubahan-perubahan jaman dan kebutuhan. Tetapi bagaimana caranya? Dalam kelas ini, para peserta akan belajar tentang faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam usaha memanajemeni pengembangan pelayanan (ministry development) dan membangun struktir pengembangan pelayanan. Disamping dalam format lokakarya, observasi film, dan diskusi bahan bacaan - selain teori pengembangan organisasi secara ringkas.
     
    Buku bacaan wajib:
    1. Gereja Kristus Ketapang: Asal-usul dan Derap langkahnya menuju Milenium ke-3 (STT Cipanas, 1999)
    2. The Power of Vision (Ventura, CA: Regal Book, 1992) - telah diterjemahkan oleh METANOIA, Jakarta.
     
    Tugas pra-kuliah:
    1.  Sebelum kelas dimulai, setiap mahasiswa harus membuat esai sebanyak +/- 10 kalimat dengan tema: "PERUBAHAN" (Apa yang Saudara yakini dan sebagai standing position Anda tentang perubahan). Esai diserahkan pada hari ke-2 perkuliahan.
    2. Mahasiswa diwajibkan membaca dan membuat ringkasan dari buku Gereja Kristus Ketapang .. (khususnya membuat ringkasan Bab II dan III).
     
     
    Pdt. Dr. Paulus Kurnia, MTh  lahir pada tanggal 23 Januari 1959 di Jakarta. Selulus kuliah dari jurusan Akuntansi Universitas Tarumanegara, beliau melanjutkan studi di Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT), Malang sebagai jawaban atas panggilan Tuhan baginya. Tahun 1993-1996, beliau melanjutkan kuliah di beberapa seminari di USA, antara lain di International Theological Seminary, El Monte, California (Master of Theology di bidang Sistematika Teologi); Reformed Theological Seminary, Jackson, Missisipi (Doctor of Ministry); dan Fuller Theological Seminary, Pasadena, California (Master of Theology, bidang Sejarah Gereja). Kerinduannya untuk membina jemaat Tuhan dinyatakan selama pelayanan di Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB) Pos PI Tangerang (1987-1988) dan Pos PI Cimone, Tangerang (1988-1993). Beliau pun berpengalaman memimpin Paduan Suara di berbagai institusi Kristen (1979-1993).  Sejak 1996 sampai sekarang, beliau menjadi pendeta Pembinaan Jemaat di Gereja Kristus Ketapang, Jakarta. Disamping itu mulai tahun 1998 beliau juga menjabat Rektor STT Cipanas.
    Beliau menikah dengan Drg. Jenny Pradono dan telah dikaruniai dua orang putra bernama Clement G Kurnia dan Timothy H Kurnia.

     

     

    Kembali ke Halaman Utama STRIS Andhika