MARI MERENUNGKAN FIRMAN ...

 

G R I I  (Gereja Refomed Injili Indonesia) sangat mementingkan keseimbangan antara pengertian Alkitab yang akurat dan kokoh dengan basis teologi Refomed, dan hati yang berkobar dengan cinta Tuhan dan cinta sesama, seperti yang dinyatakan dalam semangat Injili. Spiritualitas (Kerohanian) Reformed adalah spiritualitas yang menggabungkan pengertian firman dan hati yang beribadah kepada Tuhan.

Untuk itu GRII Andhika berupaya membuat sebuah bahan saat teduh, yang bisa dipergunakan oleh setiap jemaat di dalam pembangunan kerohaniannya setiap hari. Saat teduh ini disusun agar kita bisa mendapatkan keseimbangan antara studi firman Tuhan secara menyeluruh, yang akan dihabiskan dalam waktu 3 tahun, dan pengertian interpretasi Alkitab dan teologis yang kokoh, serta hati yang beribadah. Juga diberikan kolom untuk setiap pribadi dapat berinteraksi dengan firman Tuhan yang dipelajarinya.

Kiranya, bahan ini bisa menjadi berkat dan bisa dipakai sebagai sarana pembangunan spiritualitas Kristen yang baik. Juga bisa dipakai sebagai bahan kelompok kecil, persekutuan rumah tangga (family altar), dan persekutuan wilayah (dengan mengajak tetangga atau kerabat untuk bersaat teduh bersama).

PETUNJUK BERSAAT TEDUH

1. BERDOALAH...

Minta pimpinan Tuhan untuk seluruh aktivitas Anda hari ini. jangan berikan agenda Anda pada Allah.

2. RENUNGKANLAH FIRMAN TUHAN

Jangan terlalu terpaku pada cerita atau kesaksian apapun sebelum Anda merenungkan firman dan mencari kebenaran firman yang Anda pelajari.

3. COBALAH JAWAB PERTANYAAN

Agar Anda bisa mendalami firman Tuhan yang Anda baca secara tepat, pertanyaan pembimbing akan menolong Anda tidak tersesat di dalam mengerti satu bagian ayat.

4. CATAT

Buat catatan secukupnya, tentang berkat, janji, dan tekad yang Anda ambil hari itu. Anda bisa menyiapkan sebuah buku khusus untuk itu. Kosongkan halaman buku jika Anda tidak bersaat teduh pada suatu hari, sehingga Anda akan mudah mengevaluasi konsistensi saat teduh Anda. Upayakan tidak ada halaman yang harus dikosongkan.

5. APLIKASIKAN

Terapkan dalam hidup Anda. Ambil tekad yang riil untuk Anda lakukan pada hari itu. Bukan hanya sesuatu idaman yang kosong belaka dan upayakan sepanjang hari itu, firman Tuhan yang Anda pelajari, bisa Anda terapkan.

6. TUTUP DENGAN DOA

Berdoalah kembali, minta Tuhan menguatkan apa yang Anda telah pelajari, dan dimampukan untuk menjalankannya sepanjang hari itu.

7. SHARINGKAN

Bagikan apa yang Anda telah dapatkan hari itu kepada keluarga Anda di meja makan pagi hari, di teman-teman sekolah, kantor, dll. agar berkat yang Anda dapat bisa juga menjadi berkat bagi rekan lain. Inilah kesaksian Anda dan kiranya Tuhan bisa memakai Anda menguatkan orang lain.

SOLI DEO GLORIA !