artikel >>

 

RENUNGAN MINGGU INI

  153

 

 

<< pengantar

 

Senin | 13 Desember 2004

Wahyu 4 (1) Deskripsikan kembali penglihatan sorgawi yang diberikan kepada Yohanes! Apa yang menjadi pusat dari semua yang ada di sorga itu (4:2-3)? Apa makna hal ini? Saat gereja menderita penganiayaan karena kesetiaannya, apa pentingnya penglihatan tentang pemerintahan ilahi ini? (2) Apa pujian yang diberikan oleh para malaikat itu kepada Allah (4:8; bdk. Yes. 6:3)? Dalam dunia di mana kejahatan menindas kebenaran, apa signifikansi dari penegasan tentang kekudusan, kekuasaan, dan kekekalan Allah ini? (3) Apa yang dilakukan dengan tidak henti-hentinya oleh para malaikat dan tua-tua di sorga (4:9-11)? Apa yang membuat kita bersukacita memuji Tuhan? Bagi orang yang mementingkan diri sendiri, apakah sorga akan menjadi tempat yang hendak mereka pilih? Berikan alasan Anda?

 


Selasa | 14 Desember 2004

Wahyu 5 (1) Apa yang kita pelajari tentang paradoks gambaran Yohanes tentang Yesus Kristus sebagai Singa Yehuda yang menang dan Anak Domba yang telah disembelih? Bagaimana Yesus menang atas Iblis dan kuasa dosa? (2) Yesus Kristus berdaulat untuk menyingkapkan makna sejarah dan membawa sejarah dalam penggenapan kehendak Allah. Apa penghiburan dari hal ini bagi kita? (3) Sebutkan alasan yang mendorong dinaikkannya pujian kepada Yesus Kristus? Siapa yang memuji Yesus Kristus? Bagaimana sikap mereka dalam memuji? Apa pelajaran dari penyembahan sorgawi ini terhadap penyembahan kita?

 


Rabu | 15 Desember 2004

Wahyu 6 (1) 6:1-8. Keempat meterai pertama dan keempat kuda dengan penunggangnya menggambarkan penghakiman akhir yang ditentukan oleh Yesus Kristus sebagai Tuhan yang berdaulat atas sejarah dan yang mengontrol segala sesuatu yang akan terjadi. Kebenaran apa yang kita pelajari? (2) 6:9-11. Meterai kelima. Apa yang membuat orang-orang percaya rela menjadi martir (mati syahid) demi Kristus? Kemuliaan apa yang disediakan oleh Tuhan bagi mereka? Adakah pembalasan Allah atas kejahatan yang dilakukan kepada umat-Nya? (3) 6:12-17. Meterai keenam. Ketika hari penghakiman Allah tiba, kengerian apa yang akan dialami oleh orang-orang yang jahat? Sudahkah hal ini membuat kita gentar dan takut akan Allah?

 


Kamis | 16 Desember 2004

Wahyu 7 (1) 7:1-8. Saat orang-orang durhaka berada di bawah ancaman murka Allah yang dahsyat, perlindungan khusus apa yang Allah berikan kepada umat-Nya (7:3)? Adakah orang yang dimeteraikan oleh Allah sebagai milik-Nya akan mengalami kebinasaan penghakiman-Nya (9:4)? Sudahkah kita bersyukur atas jaminan pemeliharaan Allah yang setia kepada kita? (2) 7:9-17. Siapakah orang-orang yang berdiri di hadapan Allah? Atas dasar apa orang-orang itu dapat berada di hadapan Allah dan Anak Domba? Apa yang membuat mereka memuji Allah? Adakah hal yang dapat menyusahkan mereka lagi?   

   


Jumat | 17 Desember 2004

Wahyu 8-9 (1) 8:1-5. Meterai ketujuh. Orang Kristen kelihatan tidak penting di mata dunia, tetapi mereka sangat berharga di hadapan Allah. Apa jaminan doa yang kita miliki dalam Tuhan? Apa dampak doa orang kudus terhadap penghakiman ilahi atas kejahatan orang-orang durhaka di dunia ini? (2)  8:6-9:12. Malapetaka apa yang dijatuhkan dalam keempat sangkakala pertama (8:6-12), sangkakala kelima (9:1-12), dan sangkakala keenam (9:13-19; bdk. tulah-tulah dalam Kitab Keluaran)? Apa maksud Allah mengizinkan dijatuhkannya hukuman ke atas seluruh ciptaan (9:20-21)? Apakah kita memiliki kepekaan terhadap didikan Tuhan dalam berbagai malapetaka yang terjadi di zaman kita?

 


Sabtu | 18 Desember 2004

Wahyu 10 (1) 10:1-7. Apa yang ditegaskan oleh si malaikat? Saat sangkakala dari malaikat ketujuh ditiup apa yang akan terjadi (10:7)? Mengapa kita justru bersukacita atas hal ini? (2) 10:8-11. Apa yang membuat firman Allah terasa manis di mulut, namun terasa pahit di perut (bdk. Yeh. 2:9-3:3)? Mengapa firman Allah mendatangkan sukacita sekaligus kepahitan/dukacita dalam hati kita? Apa yang membuat kita bersukacita dan apa yang membuat kita berdukacita? (3) Dalam masa kesusahan, mengapa umat Allah harus bersaksi? Apa yang harus kita saksikan? Sebelum bersaksi, apa yang harus terlebih dulu kita dapatkan?

  


Minggu | 17 Desember 2004

Wahyu 11 (1) 11:1-14. Anggaplah dua saksi itu adalah lambang dari kesaksian gereja sepanjang zaman. Suasana hati apa yang mereka miliki (11:3)? Tantangan apa yang mereka hadapi dan kuasa apa yang menyertai mereka (11:5-6)? Sikap apa yang ditunjukkan oleh dunia kepada kedua saksi itu (11:7-10)? Nasib apa yang akan menimpa kedua saksi itu? Kapan hal itu akan terjadi (11:7)? Bagaimana mereka mendapatkan kemenangan akhir mereka (11:11-12)? Kebenaran apa yang kita pelajari? (2) 11:15-19. Sangkakala ketujuh. Dunia marah dan melawan Tuhan, tetapi siapakah yang memegang kedaulatan? Nasib apa yang akan menimpa musuh-musuh-Nya dan apa yang akan diterima oleh hamba-hamba-Nya yang setia? Kebenaran apa yang kita pelajari?