artikel >>

 

RENUNGAN MINGGU INI

  152

 

 

<< pengantar

 

Senin | 06 Desember 2004f

Wahyu 1:1-8 (1) 1:1-3. Apa berita kitab ini dan tujuan kitab ini diberikan? Apa yang menjadikan kitab ini memiliki otoritas ilahi? Apa peran malaikat dalam pewahyuan ini? Apa peran Rasul Yohanes dan kesetiaannya? Mengapa orang yang membaca, mendengar, dan menaati kata-kata nubuat ini akan berbahagia? (2) 1:4-8. Bapa adalah Allah kekal yang tidak berubah dan sumber anugerah dan damai sejahtera bagi kita yang tidak layak. Apa penghiburan dari fakta ini bagi kita? (3) Yesus Kristus adalah Saksi kebenaran yang setia; yang pertama bangkit dari kematian; yang berdaulat atas kerajaan-kerajaan; Sang Alfa dan Omega, yang kekal, dan yang mahakuasa. Apa makna dari kebenaran ini bagi umat percaya yang mengalami penganiayaan? Apa yang telah Yesus Kristus kerjakan bagi kita (1:5-6)? Kita telah dibuatnya menjadi suatu kerajaan dan menjadi imam-imam Allah. Apa makna hal ini bagi kita?

 


Selasa | 07 Desember 2004

Wahyu 1:9-20 (1) 1:9-11. Atas inisiatif siapa kitab itu ditulis (1:19)? Karakteristik apa yang harus kita miliki jika benar kita adalah sekutu Rasul Yohanes? (2) 1:12-20. Kristus hadir sebagai Tuhan yang mulia di tengah jemaat-Nya (tujuh kaki dian), dan melindungi para pemimpin jemaat yang diutus-Nya (memegang ketujuh bintang dalam tangan kanan-Nya; bdk. Yoh. 10:28). Ia hadir untuk melindungi dan memurnikan jemaat-Nya dan menghukum orang yang menganiaya umat-Nya (dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua). Apa makna berita ini bagi kita? (3) 1:17-18. Apa makna perkataan Yesus ini bagi orang-orang Kristen yang sedang menghadapi penganiayaan dan ancaman maut atas kesaksian iman mereka? Apa makna perkataan Yesus ini bagi kita?

 


Rabu | 08 Desember 2004

Wahyu 2:1-7 (1) Tuhan Yesus Kristus hadir di tengah umat-Nya dan “Ia tahu” (2:2, 9, 13, 19; 3:1, 8, 15) semua yang kita perbuat. Apakah pengetahuan dan kepedulian Kristus ini mempengaruhi cara kita menjalani kehidupan bergereja? (2) Apa kualitas jemaat Efesus yang perlu kita miliki (2:2-3, 6)? (3) Mengapa hilangnya kasih mula-mula merupakan kejatuhan gereja/orang Kristen yang terdalam? Apakah kita masih memiliki kasih semula?  Apa akibatnya jika kejatuhan ini dipulihkan kembali (2:4-5)? (4) Berkat apa yang dijanjikan Tuhan bagi mereka yang menang?

 


Kamis | 09 Desember 2004

Wahyu 2:8-17 (1) 2:8-11. Dalam hal apa perkataan Yesus menjadi penghiburan bagi jemaat Smirna yang menghadapi permusuhan dan penganiayaan dari orang Yahudi dan pemerintah Romawi (2:8-9)? Apa yang dapat kita teladani dari kekayaan jemaat Smirna (2:9)? Apa yang dapat membuat mereka tidak digentarkan oleh aniaya dan kematian (2:10-11)? Berkat apa yang dijanjikan Kristus bagi mereka yang menang? (2) 2:12-17. Hidup di tengah-tengah kekafiran, gereja Pergamus mulai terseret ke dalam bahaya kompromistis. Apakah ini kesalahan yang ringan? Kristus akan memerangi gereja-Nya yang tidak bertobat. Apakah hal ini menyadarkan kita akan keseriusan dosa sinkretisme dan kompromistis? Berkat apa yang dijanjikan Kristus bagi mereka yang menang?

   


Jumat | 10 Desember 2004

Wahyu 2:18-29 (1) Sebutkan hal-hal positif yang dimiliki oleh jemaat Tiatira (2:19)! Apa yang dapat kita pelajari dari mereka? (2) Apa kelalaian gereja ini yang menyebabkan penyelewengan sejumlah orang percaya (2:20)? Penyesatan ini berasal dari “orang dalam” dan tidak semua orang menyadarinya;  tetapi apakah dapat lolos dari mata Tuhan (2:18)? Sudahkah kita yang hidup di zaman sekarang mewaspadai agar tidak jatuh ke dalam kesalahan yang sama? (3) Apa hukuman Tuhan bagi orang (pengajar dan pengikut) yang tidak mau bertobat (2:21-23)? (4) Berkat apa yang dijanjikan Kristus bagi mereka yang menang?

 


Sabtu | 11 Desember 2004

Wahyu 3:1-13 (1) 3:1-6. Apa celaan Kristus terhadap gereja Sardis? Mengapa ini merupakan celaan yang serius? Apa yang harus mereka lakukan untuk memulihkan keadaan mereka itu? Bagaimana kita dapat menjaga agar kerohanian kita tetap hidup? Apakah Tuhan mendapati pekerjaan kita bagi-Nya telah dilakukan dengan setia dan dengan sebaik-baiknya? Berkat apa yang Kristus janjikan bagi mereka yang menang? (2) 3:7-13. Dalam kekuatannya yang tidak seberapa, apa yang menjadi kekuatan jemaat Filadelfia yang sesungguhnya (3:8)? Berkat apa yang akan mereka alami atas ketaatan mereka (3:9-10)? Berkat apa yang dijanjikan Kristus bagi mereka yang menang?

  


Minggu | 12 Desember 2004

Wahyu 3:14-22 (1) Apa bahaya dari kerohanian yang suam-suam kuku, sehingga sangat dibenci oleh Tuhan? Adakah sikap bercabang hati, sikap masa bodoh pada hal-hal rohani, dan sikap kompromistis dalam diri kita yang harus disingkirkan?  (2) Kesombongan buta jemaat Laodikia sungguh ironis dan tragis. Apa anggapan mereka tentang diri mereka dan apa penilaian Tuhan tentang mereka? Bagaimana kita dapat memiliki penilaian diri yang sesuai dengan Tuhan? (3) Tegoran dan hajaran Tuhan adalah bukti kasih Tuhan, apakah kita menyambutnya dengan baik ketika diberikan kepada kita (3:19-20)? Berkat apa yang Kristus janjikan bagi mereka yang menang?